Membekali peserta didik dengan pengetahuan, keterampilan dan sikap agar kompeten dalam memberikan layanan di Bidang Front Office, Housekeeping dan Laundry serta di Food & Beverage Service.
KOMPETENSI KEAHLIAN YANG DIAJARKAN :
A. DASAR KEJURUAN (Dasar Program Keahlian Perhotelan)
- Proses bisnis industri perhotelan
- Perkembangan penerapan teknologi dan isu-isu global terkait dunia pariwisata dan perhotelan
- Profil entrepreneur, job profile, peluang usaha dan pekerjaan/profesi pelayanan jasa perhotelan
- Dasar penerapan layanan prima (excellent service) pada industri perhotelan /industri pelayanan/industri keramahtamahan
- Tahapan operasional perhotelan secara menyeluruh dengan layanan prima (excellent service)
B. KONSENTRASI KEAHLIAN PERHOTELAN
- Front Office ( Reservasi, jasa Porter, layanan Reception, memproses transaksi keuangan, melakukan komunikasi melalui Telepon )
- Housekeeping dan Laundry ( Menyediakan layanan housekeeping untuk tamu, membersihkan lokasi/area dan peralatan, merangkai bunga , menyiapkan kamar untuk tamu, menangani kehilangan dan penemuan barang, menangani linen, pakaian seragam karyawan dan tamu, melaksanakan proses laundry, dan layanan Valet Laundry )
- Food and Beverage Service (menyediakan layanan makanan dan minuman, menyediakan room service, menerima dan menyimpan persediaan barang )
LINGKUP PEKERJAAN :
- Reservation
- Reception / Front Desk Agent
- Belldesk / Concierge
- Room
- Public Area
- Linen dan Laundry